Dorong UKM Bersaing di Level Global

PEMERINTAH menaruh perhatian lebih pada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) agar bisa bersaing di tingkat global. Bervariasi dukungan diberikan untuk mendorong tumbuhnya usaha yang mengarah pada ekspor.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di dalam webinar bertajuk Memacur Ekspor UKM, Selasa (20/4).

“Perhatian ini diwujudkan melalui Undang Cipta Kerja dalam berikan kemudahan berusaha bagi seluruh usaha Indonesia terutama usaha kecil serta menengah sehingga mereka bisa meningkatkan daya saing, ” tuturnya.

Baca juga: Wapres: Pengusaha Tingkatkan Daya Beradu Produk Lokal

“Dan kami berikan meniti berbagai pemberian insentif, kesenangan perizinan, memberikan dukungan pada penyediaan dana dan pembiayaan ekspor melalui perbankan dan lembaga keuangan untuk mampu mendukung meningkatnya kinerja ekspor Indonesia, ” sambung Sri Mulyani.

Daerah UKM, imbuhnya, memiliki peran cukup besar bagi perekonomian nasional lantaran mampu meminta dan menciptakan kesempatan kerja. Oleh karenanya, pemerintah berupaya untuk mendorong pertumbuhan UKM dan mikro.

Hal itu juga dibarengi dengan peningkatan kualitas, daya dan daya tahan zona tersebut. Dalam hal tersebut, kata Sri Mulyani, peranan sektor swasta cukup besar dan membantu.

“Peran dari asosiasi di dalam lingkungan industri dj di perekonomian luar biasa penting untuk terus meningkatkan daya saing dan meningkatkan ekspor kita tembus pasar ijmal. Pengusaha kecil dan produsen dari mulai bahan baku hingga hilir akan mampu membentuk sebuah mata ikatan penunjang ekspor yang melalaikan, ” jelasnya.

Lebih jauh, Sri Mulyani bilang, saat ini negeri tengah melakukan berbagai negosiasi perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement/FTA) untuk melekatkan pasar Indonesia dengan negara lain. Itu dinilai mengambil peluang bagi produk-produk UMKM untuk unjuk gigi pada tingkat internasional dan secara langsung mendorong peningkatan ekspor.

“Pemerintah berharap UMKM dapat melakukan perembesan di pasar global, ini bukan sesuatu yang tidak terjangkau. Dengan berbagai upaya, maka usaha kecil menengah Indonesia diharapkan akan mempunyai kepercayaan diri, pengetahuan & siap berkompetisi di pasar global, ” pungkasnya. (OL-6)

Related Post