Dua Terduga Teroris Ditangkap di Babel

dua-terduga-teroris-ditangkap-di-babel-1

DENSUS 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap dua adam diduga teroris di dua letak berbeda di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Dua terduga teroris tersebut merupakan jaringan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Khilafah (JAK).

Kapolda Babel, Irjen Anang Syarif Hidayat membenarkan dua terduga teroris yang ditangkap Densus 88 belum lama tersebut terkait jaringan JAD dan JAK Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Penangkapan terduga teroris Kamis (4/2) lalu di Dusun Sitiung, Desa Lilangan Kecamatan Gantung Belitung Timur.

“Terduga teroris pertama adalah K ditangkap dalam Belitung. Ia terlibat dalam jaringan JAD dan JAK Yogyakarta-Jateng berawal dari Sukoharjo Jawa Tengah, & memiliki KTP Desa Lilangan Belitung Timur sejak 2020, ” kata Kapolda, Selasa (9/2).

“Berselang sehari tepatnya Jumat 5 Februari, Densus 88 kembali menangkap RG di sekitar Jembatan Emas Pangkalpinang. RG ini, diduga simpatisan ISIS aktif di FPI. Selain itu, RG aktif juga dalam medsos dalam jaringan teroris & beberapa kali posting cara pengerjaan bom dan kejadian-kejadian di Timur Tengah, ” lanjutnya.

RG adalah warga Pangkalpinang serta menetap di Desa Air Anyir Kabupaten Bangka.

“Saat digeledah di kediamannya ditemukan sebilah pedang, busur panah, dan tampang beraliran radikalisme, ” ungkap Kapolda.

baca juga: Satu Terduga Teroris Ditangkap pada Aceh Seorang PNS

Hingga saat ini dua terduga teroris masih menjalani pemeriksaan oleh Densus 88 Mabes Polri. Kedua terduga teroris dijerat pencetus 13A dan pasal 15 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018. Kapolda mengimbau masyarakat tetap tenang dan peduli dengan lingkungan masing-masing. Masa menemukan hal mencurigakan harus dilaporkan ke ketua lingkungan masing-masing.

“Pendatang juga wajib mengeluh ke perangkat desa setempat, ” pungkasnya. (OL-3)

Related Post