Evan Dimas Ditunjuk Sebagai Kapten Tim Nasional Baru di AFF

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyatakan bahwa gelandang klub Bhayangkara FC Evan Dimas akan menjabat sebagai kapten skuad “Garuda” di Piala AFF 2020.

“Kapten tim ini adalah Evan Dimas dan wakil kapten Asnawi (Asnawi Mangkualam Bahar),” kata Shin dalam jumpa pers virtual yang dihadiri di Jakarta, Rabu (8/12).

Shin menegaskan tidak ada keraguan dalam dirinya menunjuk Evan sebagai kapten meski itu akan menjadi yang pertama bagi pemain berusia 26 tahun itu di Piala AFF. Evan Dimas ditunjuk sebagai kapten timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong saat berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dari segi pengalaman, Evan bisa dikatakan sebagai sosok dengan jam terbang tertinggi di skuad “Garuda” saat ini. Ia tampil untuk timnas Indonesia sejak Piala AFF 2014, memperkuat timnas di SEA Games 2015, 2017 dan 2019 serta membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 2013.

Evan juga tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Asia U-22 dan berbagai turnamen internasional lainnya. Shin Tae-yong pun bertekad dengan pilihannya untuk menugaskan Asnawi yang baru berusia 22 tahun untuk menemani Evan.

Bahkan, di skuat Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020, ada beberapa pemain yang lebih senior dari keduanya, yakni Fachruddin Aryanto (32 tahun) dan Victor Igbonefo (36 tahun).

Juru taktik asal Korea Selatan itu memang memercayai banyak pemain muda di Piala AFF 2020. Dari 30 pemain yang dipanggilnya, setengahnya berusia di bawah 23 tahun. “Saya ingin mengubah generasi timnas Indonesia. Dan dalam prosesnya, saya merasa para pemain menunjukkan perkembangan yang lebih baik, baik secara mental maupun dari segi pengalaman,” kata Shin.

Pada Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura, Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Timnas Indonesia akan mengawali perjalanannya di Piala AFF 2020 dengan menghadapi Kamboja, Kamis (9/12), di Bishan Stadium, Singapura.

Grup B Piala AFF 2020 sendiri telah menggelar dua pertandingan, yakni Malaysia versus Kamboja dan Vietnam versus Laos. Malaysia menang dengan skor 3-1 dan Vietnam mengalahkan lawannya 2-0.

Malaysia juga menjadi pemuncak klasemen Grup B, disusul Vietnam. Posisi terendah ditempati oleh Laos. Di atasnya adalah Kamboja dan, satu-satunya tim yang belum bermain di grup, Indonesia. (OL-8)

Related Post

Sekularisasi ImanSekularisasi Iman

Maraknya kasus pelecehan seksual turut andil dalam krisis keimanan dan hilangnya keyakinan terhadap agama. Isu-isu lain, seperti pernikahan sesama jenis, berkontribusi membuat agama tertentu kurang diminati. Negara-negara yang dulunya sangat