Gelombang pertama kontingen Indonesia berangkat ke SEA Games Vietnam

Kontingen Indonesia dipastikan siap berlaga di SEA Games Vietnam 2021. Chef de Mission (CdM) Ferry Kono resmi melepas keberangkatan rombongan pertama dari cabang olahraga dayung dan sepak bola menuju Vietnam.

Ferry menjelaskan, kedua cabang olahraga tersebut berangkat lebih awal untuk kebutuhan aklimatisasi. Ingat, dayung dan sepak bola bersaing sebelum upacara pembukaan.

Sebagai informasi, tim sepak bola Indonesia akan melakoni laga perdana melawan tuan rumah pada 6 Mei mendatang. Cabang olahraga dayung ini dijadwalkan berlaga pada 9 Mei.

Baca juga: Sepak Takraw Tegaskan Tekad Pertahankan Emas SEA Games

“Hari ini kami merilis batch pertama ke Vietnam. Ada dua kelompok di angkatan pertama, yakni tim advance dengan jumlah 40 orang dari cabang dayung. Kemudian sepakbola yang terdiri dari 20 atlet, 8 ofisial, dan 10 extra-official,” ujarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (3/5).

Dalam pelepasan tersebut, Ferry yang didampingi Deputi I CDM Teuku Arlan Perkasa Lukman memberikan pesan kepada para pemain sebelum berangkat. Egy Maulana Vikri dkk diharapkan bisa menjaga nama baik Merah Putih saat berlaga di multievent dua tahunan se-Asia Tenggara.

“Kami berharap para atlet dapat menjaga nama baik negara, Indonesia dan nama baik Komite Olimpiade Indonesia. Apapun yang terjadi di lapangan, saya harap bisa dikomunikasikan kepada pengelola atau pihak kami terlebih dahulu.”

Baca juga: Persipura Minta Penjelasan PSSI Soal Perlakuan Banyak Rumakiek

Menurut Ferry, para atlet yang diberangkatkan, baik dayung maupun sepak bola, dalam kondisi baik dan siap bertanding di SEA Games ke-31. “Insya Allah saat kedua olahraga ini sampai di Vietnam langsung diurus oleh tim CdM yang sudah ada di sana,” jelas Ferry.

Sementara itu, Manajer Tim Nasional Sepak Bola Indonesia untuk SEA Games, Uden Kusuma Wijaya, memastikan timnya dalam kondisi prima. Setibanya di Vietnam, pelatih kepala Shin Tae Yong juga akan menjadwalkan sesi latihan untuk Garuda Muda.

SEA Games Vietnam akan dibuka pada 12 Mei 2022 dan berlangsung hingga 23 Mei 2022. Kontingen Indonesia mengikuti 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. (KOI/OL-11)

Related Post