Kabupaten Pidie Waspadai Banjir

Kabupaten Pidie Waspadai Banjir

PEMANGKU Bupati Pidie, Fadhlullah T M Daud meminta seluruh jajaran pemerintahan dan berbagai komponen masyarakat setempat untuk siaga bencana. Sebelumya Aceh Timur dan Aceh Utara sudah terendam banjir.

“BPBD Kabupaten Pidie supaya meningkatkan pengawasan dan koordinasi dengan berbagai pihak agar bisa ditanggulangi bila berlaku banjir, ” kata Fadhullah pada mediaindonesia. com, Senin (7/12).

Kabupaten Pidie termasuk kawasan rawan banjir dan memiliki penuh aliran sungai, pegunungan dan kawasan langganan banjir. Seperti pengunungan di dataran tinggi Kecamatan Tangse, Mane dan Geumpang yang merupakan tempat beberapa hulu sungai besar. Bermula dari beberapa hulu sungai terebut, lalu bermuara dan sering membanjiri ke Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat dan Nagan Raya.

baca juga: Aceh Utara Diterjang Banjir, 18 Ribu Warga Mengungsi

Fadhlullah juga mengimbau masyarakat r tidak membuang sampah sembarangan. Makin membuang sampah di sungai, tali air persawahan, pinggir jalan dan selokan. Menurutnya dari perilaku yang salah itu bisa menimbulkan bencana banjir.

“Hendaknya lembaga terpaut untuk harus meningkatkan pembersihan ataupun mengecek saluran air di permukiman warga, saluran persawahan dan jalan pembuang” kata Fahlullah. (OL-3)’

Related Post