Kembali Di Latihan Nasional, Penantian Ezra Walian Berakhir

Striker Persib Bandung Ezra Walian akhirnya tersenyum lebar usai dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia dalam persiapan Piala AFF 2020 yang akan berlangsung bulan depan di Singapura.

Ezra menyandang status warga negara Indonesia (WNI) sejak 2017. Ia kemudian memperkuat timnas melawan Myanmar dalam laga uji coba. Setelah itu, Ezra tampil bersama timnas U-23 di SEA Games 2017 dan membantu Garuda Muda meraih medali perunggu.

Sayangnya, keinginan Ezra untuk terus memperkuat Indonesia menemui batu sandungan di tahun 2019. Ezra gagal membela Timnas Indonesia U-23 pada kualifikasi Piala Dunia U-23 2020, karena Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mengirimkan memorandum kepada FIFA terkait hal itu. status.

KNVB menyebut Ezra tercatat pernah bermain untuk timnas Belanda U15, U16, dan U17 sebelum menjadi WNI. Akibatnya, Ezra dilarang membela timnas Indonesia, baik di level junior maupun senior.

PSSI berupaya agar Ezra bisa memperkuat timnas. Akhirnya, induk organisasi sepak bola nasional tersebut mendapatkan akta kelahiran orang tua Ezra, dan mengirimkan berkas tersebut ke FIFA. Kepastian status Ezra akhirnya tuntas pada 14 Juni 2021, sehingga bisa memperkuat timnas Indonesia.

Ezra merasa senang bisa kembali memperkuat timnas setelah terkendala masalah administrasi. Pemain berusia 24 tahun itu juga bertekad membantu skuat Garuda melambung tinggi di Piala AFF 2020.

“Tentu saja saya sangat senang, karena saya sudah lama menunggu hari ini setelah selesai dengan dokumen dan lainnya. Akhirnya saya kembali, dan saya menikmatinya,” kata Ezra melalui kanal YouTube resmi PSSI.

“Target saya hanya untuk menikmati momen di sini, karena saya sudah lama tidak ke sini [timnas], dan tunjukkan kemampuanku. Semoga kami bisa menunjukkan sesuatu di Piala AFF.”

Terpanggilnya timnas senior membuat Ezra menjalani latihan untuk pertama kalinya di bawah asuhan Shin Tae-yong. Menurut Ezra, ia tidak menghadapi kendala apapun untuk menyesuaikan diri dengan timnas senior.

“Saya banyak bertanding dengan Persib, dan saya mendapat panggilan ke timnas. Jadi, tidak ada persiapan khusus, dan hanya melakukan latihan dan bertanding dengan Persib,” kata Ezra. (Gol/OL-15)

Related Post