KPK Minta Masyarakan Awasi Pembangunan Toilet Rp196 Juta di Bekasi

KPK Minta Masyarakan Awasi Pembangunan Toilet Rp196 Juta di Bekasi

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menodong masyarakat memasang mata dan menyoroti proyek pembangunan toilet untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bekasi. Masyarakat diminta lapor jika melihat pemufakatan jahat dari proyek tersebut.

“Kami silahkan kelompok yang mengetahui adanya dugaan kejadian tindak pidana korupsi dapat melaporkan kepada KPK melalui pengaduan bangsa KPK atau call center 198, ” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa (15/12).

KPK perlu bantuan klub dalam penanganan kasus korupsi. Lupa masyarakat dibutuhkan untuk memantau progran toilet ‘mewah’ di Kabupaten Bekasi itu.

Membaca juga: KPK Minta Warga Infokan Isi Paket Bansos

KPK akan menelisik laporan siapa pun terkait pengerjaan toilet tersebut. Lembaga Antikorupsi tak segan ‘menggigit’ siapa pun jika berani melakukan korupsi.

“KPK tentu akan menindaklanjuti pada setiap laporan masyarakat dengan lebih awal melakukan verifikasi dan telaah terhadap data laporan tersebut, apakah mengakar ranah tindak pidana korupsi serta menjadi kewenangan KPK atau tidak, ” ujar Ali.

Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana mendirikan 488 toilet untuk SD dan SMP. Total dana dalam proyek ini mencapai Rp96, 8 miliar.

Dari angka itu, tiap sekolah dapat jatah Rp198, 5 juta untuk pembangunan toilet. Angka ini sempat mengejutkan umum beberapa hari ke belakang. (OL-1)

Related Post