Kuba Uji Vaksin Covid-19 Ke-2 pada Pekerja Kesehatan

KUBA mulai memvaksinasi puluhan ribu tenaga kesehatan dengan vaksin covid-19 kedua, Senin (29/3), meski belum selesai melakukan uji klinis.

Pekan berantakan, Kuba mulai memvaksinasi 150 ribu tenaga kesehatan secara vaksin Soberana 2 dengan masih di fase ketiga uji klinis.

Pada Senin (29/3), negara pulau itu mulai menyuntikan vaksin Abdala kepada 124 ribu tenaga kesehatan. Abdala juga masih di periode ketiga uji klinis.

Baca serupa: GSK bakal Produksi 60 Juta Vaksin Novavax untuk Inggris

Kuba juga pusat menyiapkan dua vaksin covid-19 lainnya yaitu Mambisa & Soberana 1. Saat itu, kedua vaksin itu sedang di fase 1 dan fase 2.

“Studi terkendali vaksin Abdala disetujui otoritas kesehatan Kuba pada 27 Maret dan hari ini, Senin (29/3), kami mulai melakukan vaksinasi, ” ujar Direktur Sains dan Inovasi BioCubaFarma Rolando Perez.

Warga Kuba yang berusia jarang 19 tahun dan 80 tahun serta berisiko mulia covid-19 ambil bagian di dalam studi itu sementara 48 ribu relawan ambil periode dalam uji klinis fase 3 vaksin Abdala.

Pemerintah Kuba berencana memulai secara resmi aksi vaksinasi mereka pada Juni mendatang. Saat itu, Havana berharap menjadi negara Amerika Latin pertama yang mempunyai dan memproduksi sendiri vaksin covid-19 di AMreika Daksina.

Kuba terdesak mengembangkan sendiri vaksin untuk keperluan dalam negeri sejak 1980-an akibat sanksi negeri Amerika Serikat (AS) yang dimulai pada 1962.

Negara berpenduduk 11, 2 juta jiwa itu relatif aman dari covid-19 dengan mencatatkan 73 ribu kasus dan 417 moralitas. (AFP/OL-1)

Related Post