Kudeta PSV Puncaki klasemen dari Ajax

PSV Eindhoven mengambil alih posisi puncak klasemen Liga Belanda usai memukul Fortuna Sittard 4-1 pada laga pekan ke-12 di Stadion Fortuna Sittard, Minggu (7/11).

Hasil tersebut membuat PSV kini mengoleksi 27 poin, yang cukup menggusur Ajax dari puncak klasemen dengan keunggulan satu poin. Namun, posisi PSV belum aman, karena Ajax hanya akan bertanding nanti menjamu tim promosi Go Ahead Eagles di Johan Cruijff Arena.

PSV tampil dominan sejak awal hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan melawan Fortuna, namun mereka hanya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-37 melalui pemain pengganti Ritsu Doan. Pemain berdarah Jepang itu masuk pada menit ke-16 untuk menggantikan Jordan Teze yang cedera dan mampu menunjukkan perannya dengan menuntaskan umpan terobosan Eran Zahavi untuk memasukkan bola ke gawang tuan rumah.

Keunggulan PSV bertahan hingga turun minum dan baru digandakan pada menit ke-54 lewat sepakan kaki kiri Bruma memanfaatkan umpan Andre Ramalho. PSV kembali memperbesar keunggulan melalui umpan silang Ibrahim Sangare dari umpan Carlos Vinicius untuk mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-72.

Empat menit kemudian, Fortuna membalaskan satu gol ketika tembakan Tijanni Noslin membentur tiang sebelum mengenai Ramalho yang malang untuk mencetak gol bunuh diri. Bruma mencetak gol keduanya lima menit sebelum bubaran waktu normal untuk melengkapi kemenangan 5-1 PSV.

Sementara PSV ke puncak, Fortuna yang ketiganya kalah dalam lima laga terakhir tak beranjak dari zona degradasi di peringkat 17 dengan sembilan poin. Di laga lain yang dimainkan sebelumnya, Groningen berhasil menghindari kekalahan saat menjamu RKC Waalwijk di Euroborg dan memaksakan hasil imbang 1-1. Tertinggal dari gol Michiel Kramer, Groningen meraih satu poin berkat tendangan jarak dekat Jorgen Strand Larsen lima menit dari waktu normal.

Kedua tim sama-sama mengumpulkan 11 poin, dengan RKC duduk di urutan ke-14 tepat satu strip di atas Groningen dengan selisih gol. (OL-8)

Related Post