Lambaian Lomba untuk Guru Bertema Petunjuk Mengajar di Era Pandemik

Hampir genap 9 bulan para-para siswa di seluruh Indonesia melakukan kegiatan belajar dari rumah. Mencuaikan rapat virtual yang diselenggarakan sebab Kemendikbud terkait pengumuman SKB 4 Menteri yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (20/11), Pemerintah telah menggunakan pemberian izin pembelajaran tatap muka dapat dilakukan secara serentak pada satu wilayah kabupaten/kota atau bertahap per wilayah kecamatan dan/atau desa/kelurahan.

Pemberlakuan sekolah tatap muka tetap dilakukan secara berjenjang, mulai dari penentuan pemberian izin oleh pemerintah daerah/kanwil/ kantor Kemenag, pemenuhan daftar periksa oleh satuan pendidikan, serta kesiapan menjalankan pembelajaran tatap muka. Terdapat beberapa petunjuk dan langkah yang harus diterapkan oleh setiap pemerintah daerah terkait diberlakukannya sekolah tatap muka, antaralain kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai daftar periksa.

Selama dilaksanakannya Penelaahan Jarak Jauh (PJJ), tidak kurang para guru juga melakukan inovasi-inovasi dan cara kreatif dalam menganjurkan praktek PJJ selama kurang bertambah 9 bulan kebelakang dan hingga saat ini. Salah satu guru dari SMAN 53 Jakarta, Refina Hadinurjana membuat sebuah pembelajaran pada murid untuk membuat sebuah puisi yang berkaitan dengan Covid-19 buat kemudian di upload ke maklumat musik daring.

Di rangka memperingati Hari Guru Nasional pada 25 November dan pula sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah, Quipper sebagai salah satu perusahaan edutech yang memiliki misi menyampaikan akses pendidikan berkualitas ke segenap penjuru Indonesia bekerjasama dengan Fruit Tea Sosro menyelenggarakan sebuah kesibukan yang bernama Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021 (AGII). Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi guru yang telah berinovasi di dalam pengajaran siswa, terlebih di era pandemik, sekaligus untuk mencari wujud Guru Inspiratif dari seluruh Nusantara.

Business Development Manager Quipper Indonesia, Ruth Ayu Hapsari mengatakan, “Kegiatan ini adalah jadi apresiasi bagi guru yang selalu berinovasi dalam pengajaran siswa, terlebih di masa pandemik, dan jadi pemicu bagi guru untuk mulai berinovasi dengan memanfaatkan teknologi. ”

Untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021, para guru diharuskan untuk membuat video singkat terpaut praktik baik belajar mengajar dengan kreatif serta inovatif selama melakukan masa PJJ dan dampaknya terhadap siswa baik dalam hal perolehan belajar maupun tingkat keaktifan siswa. Ayu juga menambahkan harapannya akan ada banyak guru yang nantinya berpartisipasi dan mendapatkan apresiasi tertinggi atas hasil karya inovasi penelaahan selama pandemi.

“Meskipun jika kedepannya pembelajaran akan dilakukan dengan kombinasi online dan tatap muka, saya harap Bapak/Ibu tutor kita tetap semangat, kreatif, & bisa saling menginspirasi, ” tambah Ayu.

Periode penyelenggaraan serta pendaftaran Anugerah Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021 akan dilaksanakan pada tanggal 1 – 15 Januari 2021. Setiap guru yang ingin mendaftarkan diri harus berstatus sebagai guru aktif di sekolah serta membuat video singkat yang bertemakan “Inspirasi Mengajar di Era Pandemik”. Para Guru yang nantinya terpilih sebagai pemenang, maka akan mempunyai mendapatkan total hadiah dengan mutlak Rp50 juta. (RO/OL-12)

Related Post