Mantan Ketua The Fed akan Oleh sebab itu Menkeu AS

PRESIDEN terpilih AS, Joe Biden, diperkirakan hendak menunjuk mantan Ketua Federal Total, Janet Yellen, sebagai Menteri Keuangan AS terbaru. Itu menjadikan Yellen sebagai perempuan pertama yang akan menduduki jabatan tersebut.

Penasihat transisi Biden, Jen Psaki, mencicitkan bahwa Biden berencana mencanangkan beberapa anggota tim ekonomi dengan akan bekerja dengannya untuk membentuk ekonomi kembali lebih baik.

Yellen telah menyerukan pengembangan pengeluaran pemerintah untuk meningkatkan ekonomi AS dari resesi mendalam dengan disebabkan covid-19. Dia juga kala menyebut meningkatnya ketidaksetaraan ekonomi pada Amerika Serikat sebagai ancaman terhadap nilai-nilai dan masa depan Amerika.

Di Kementerian Keuangan, dia akan berperan utama pada memengaruhi kebijakan fiskal dan retribusi AS, alat yang tidak dia miliki di The Fed yang dia pimpin dari 2014 hingga 2018.

Saham AS menguat seusai beredarnya kabar itu. Investor menilai Yellen merupakan gaya yang akan mendo­rong lebih banyak kebijakan fiskal untuk memerangi kritis ekonomi dan sebagai seseorang yang memiliki posisi kuat untuk membenarkan Kementerian Keuangan akan terus berjalan sama dengan The Fed.

Terpisah, mantan Menteri Asing Negeri, John Kerry, akan menjadi utusan iklim pemerintah AS yang baru. “Saya kembali ke negeri untuk mengembalikan Amerika ke jalurnya guna mengatasi tantangan terbesar generasi ini, ” cicit Kerry, tidak lama setelah penunjukannya.

Penunjukan Kerry merupakan sinyal yang jelas dari komitmen baru pemerintahan yang akan datang untuk memerangi per­ubahan iklim.

Kerry, 76, akan membutuhkan semua keahliannya karena AS berupaya membangun kembali kredibilitasnya dengan kembali ke Konvensi Paris seperti yang telah dijanjikan Biden.

Joe Biden juga akan mencalonkan Alejandro Mayorkas sebagai Menteri Keamanan Dalam Kampung AS. Pencalonan Mayorkas, yang merupakan kelahiran Kuba, untuk memimpin Departemen Keamanan Dalam Negeri mengisyaratkan reversi kebijakan antiimigran seperti yang berlaku di bawah Trump.
Mayorkas, yang merupakan mantan jaksa federal di California, pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Keamanan Dalam Kampung AS di era Barack Obama-Joe Biden. (AFP/Aiw/Nur/X-11)

Related Post