Menkes: Mei Seluruh Calon Jamaah haji Haji Selesai Vaksin Covid-19

menkes-mei-seluruh-calon-jamaah-haji-selesai-vaksin-covid-19-1

KEMENTERIAN Kesehatan tubuh menargetkan pada bulan Mei 2021 seluruh calon jamaah haji Indonesia selesai divaksin covid-19. Demikian disampaikan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat beraudiensi via Zoom dengan Gabungan Perusahaan Haji dan Umrah Nusantara (GAPHURA), Kamis (25/3).

“Pada saat ini didahulukan calon jamaah lansia, kemudian seluruh calon jamaah dengan dipastikan berangkat tahun itu berdasarkan data dari Siskohat Kemenag, ” kata Menkes.

Pada jalan yang sama, Ketua GAPHURA yang juga sebagai Pembimbing di Forun Shilaturahmi Koalisi Travel Haji dan Umrah (FSATHU) Ali Moh Mengabulkan mengharapkan bahwa selain jamaah haji, petugas haji khusus dari PIHK juga dimasukan sebagai kelompok prioritas.

“Kami memohon kepada pak Menteri agar Petugas PIHK dan Pembimbing Ibadah Haji Khusus juga termasuk ikatan prioritas vaksin. Karena petugas haji khusus tidak merembes di Siskohat, jika tak diprioritaskan oleh Menkes, saya khawatir saat keberangkatan petugas dan pembimbing belum vaksinasi penuh sebagaimana disyaratkan Kemenkes Saudi, ” tegas Ali.

Kapuskeshaji Kemenkes, Eka Yusuf Singka yang mendampingi Menkes dalam audiensi tersebut juga menerangkan bahwa Puskeshaji siap membantu tabib dan tenaga kesehatan haji khusus saat pelaksanaan haji jika nanti terselenggara. Cantik menerbitkan surat keterangan obat-obatan yang disediakan PIHK maka layanan fasilitas klinik kesehatan di Mekkah dan Kota madinah bagi jamaah haji istimewa.

baca juga: Gelar Muzakarah, Kemenag Kaji Penyelenggaraan Haji zaman Pandemi

Menutup pertemuan online tersebut, Menkes Budi Gunadi berpetaruh agar GAPHURA beserta aliansi lain segera berkoordinasi secara Kapuskeshaji terkait tempat karantina bagi jamaah haji istimewa,

“Untuk haji reguler, Asrama Haji telah ditetapkan sebagai tempat karantina sebelum berangkat, maka tolong untuk haji khusus lekas dikoordinasikan akan memakai tempat dimana dan bagaimana teknisnya, jika di hotel lekas tetapkan dan pertimbangkan biayanya agar tidak memberatkan jamaah” ujar Budi Gunadi. (OL-3)

Related Post