NasDem Datangi Warga untuk Tes Covid-19

NasDem Datangi Warga untuk Tes Covid-19

BADAN Rescue NasDem tetap berge­rak membantu masyarakat terdampak wabah virus korona baru (covid-19). Mencuaikan gerakan NasDem Peduli, Badan Rescue bersama DPP Partai NasDem melakukan rapid test covid-19 secara percuma kepada sekitar 2. 000 masyarakat yang berada di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Pulau Seribu Melahirkan, Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Badan Rescue NasDem, Haria­di Anwar, menuturkan gerakan NasDem Ingat merupakan gerakan kemanusiaan yang diinisiasi Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kepedulian dan kehadiran Nas­Dem bagi warga terdampak covid-19.

“Kami ditugaskan untuk mengabulkan rapid test di sini. Awak bawa tim medis berjumlah 22 orang yang terdiri atas dokter dan perawat, ” ujar pria yang akrab disapa dengan Mas Ade itu, di lokasi ulangan, kemarin.

Kegiatan rapid test diselenggarakan dengan menerapkan asas jaga jarak fisik minimal satu meter. Hal tersebut mengikuti patokan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan telah mene­tap­kan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Selain melaksanakan rapid test, Badan Rescue NasDem juga memberikan pendampingan sosialisasi dan edukasi cara hidup segar selama masa PSBB dalam pengerjaan covid-19, dari anjuran mencuci tangan, menjaga jarak, hingga tetap tinggal di rumah masing-masing.

“Kami juga berikan hand sanitizer, masker, dan sabun untuk basuh tangan. Kami berharap bisa berlanjut ke prog­ram lain, ” kata Ade.

Ade menerangkan, jika nantinya dalam proses screening terdapat warga yang positif covid-19, Badan Rescue NasDem akan berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk aksi lanjut. Penanganan bisa berupa anjuran isolasi mandiri hingga pemberian punca ke rumah sakit.

“Mereka yang harus isolasi sendiri akan kita berikan sembako dan bantuan makanan selama 14 hari. Jumlahnya menyesuaikan anggota rumah tangga, ” imbuh Ade.

Pada kesempatan yang sama, bagian DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Muhammad Idris, menuturkan bukti NasDem memilih wilayah Kepulauan Seribu sebagai lokasi pertama rapid test. Wilayah itu sempat dijadikan tempat singgah bagi awak kapal Diamond Princes yang beberapa di antaranya telah dinyatakan positif covid-19.

Idris meminta warga Kepulauan Seribu patuh dan tertib melakukan aturan PSBB. “Kami berharap provinsi Kepulauan Seribu tetap steril dibanding covid-19, ” jelas Idris. (Uta/P-2)

Related Post