Olahraga Saat Pandemi, Lebih Aman Dilakukan di Rumah

Olahraga Saat Pandemi, Lebih Aman Dilakukan di Rumah

OLAHRAGA menjadi kebutuhan manusia untuk memelihara tubuh yang sehat dan bugar. Apalagi di era pandemi covid-19 sekarang, olahraga juga menjadi upaya memajukan imunitas tubuh.

Namun, seperti apa olahraga yang damai di masa pandemi? Menurut Spesialis Kedokteran Olahraga Michael Triangto era ini berolahraga di rumah tentu menjadi pilihan aman di zaman pandemi.

Hal tersebut disebabkan konsentrasi kerumunan orang pada luar rumah rentan menularkan virus. Michael mencontohkan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah laksana push up dan sit up.

“Push up mampu kita ubah menjadi lebih applicable, misalnya sedang di dapur membakar air, sambil menunggu air mendidih kita dapat melakukan push up di dinding atau meja dapur, ” jelas dr. Michael pada sebuah bincang siaran langsung dalam Instagram, Minggu (5/7).

“Kita tidak butuh olahraga yang sulit untuk menjadi sehat. Yang kita butuhkan adalah olahraga tadi dilakukan secara terukur, teratur, dan berkesinambungan, ” imbuhnya.

Di sisi lain, dr. Michael juga tidak melarang jika orang ingin berolahraga ke luar panti. Namun, yang harus diperhatikan merupakan kewaspadaan saat melakukannya di tempat umum.

Menangkap juga: Hadapi Masalah Teknis, Sean Gelael Gagal Finis F2

“Bila kita tak bisa mengubah lingkungan sendiri, oleh karena itu kita harus mengubah diri kita. Yakni dengan menjaga jarak dengan orang lain, tidak berkerumun. Kita harus melindungi diri sendiri secara masker, kacamata pelindung, ” katanya.

Dia mengimbau mereka yang berolahraga di tempat umum untuk menghindari kerumunan. Selain tersebut, peralatan olahraga yang dipakai kudu milik pribadi.

“Jangan menggunakan handuk orang lain, jangan gunakan sepeda orang lain. Saat ini ada tren penggunaan beriringan, seperti penyewaan sepeda atau skuter, ” jelasnya.

Selain itu, jangan mudah menyentuh bagian-bagian wajah tanpa mengetahui kebersihan lengah. Pada saat pulang, juga dianjurkan langsung mandi dan mengganti baju.

“Gunakan juga kedok, bila perlu face shield, itu melindungi hidung dan mulut. Misalnya saat lari, kita tidak tahu angin yang menerpa wajah kita bersih dan aman untuk kesehatan tubuh. Kalau kita tidak mampu mengubah orang lain, kita tunggal yang harus menjaga kebersihan tersebut, ” pungkasnya. (OL-7)

Related Post