Orangtua Lengah, Bayi Dua Tahun Digigit Ular

PERINGATAN kepada para orangtua untuk selalu menjaga anak-anaknya ketika bermain di luar panti. Jangan sampai lengah sehingga mencuaikan anak tertimpa hal yang mampu membahayakan dirinya.

Tersebut dialami NN, warga Kampung Singapura, RT 01/13, Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bayi yang sedang berusia 2 tahun itu terdesak harus menjalani perawatan intensif di RSUD Cibabat Kota Cimahi sebab jari tangan kanannya digigit ular jenis bunga brahma.

“Kejadiannya Rabu (25/11) sekitar pukul 18. 00 WIB, sebelum magrib. Tiba-tiba anak saya teriak kesakitan setelah memegang pagar, ” logat Asep Saepuloh, 43, ayah NN, di RSUD Cibabat, Senin (30/11).

Saat NN berlaku di luar rumah, sang ibu sedang mengangkat jemuran dan Asep hendak menjalankan salat. Orangtuanya mengira-ngira NN disengat lebah hingga merasai luka berdarah. Ternyata ia telah digigit ular berwarna hijau.

Asep dan istrinya, Ai Kurniawati, kemudian membawa NN ke klinik terdekat. Tapi ia disarankan dibawa ke rumah sakit sebab lukanya cukup parah. NN terdesak dibawa kembali ke klinik karena biaya perawatan rumah sakit terlalu mahal.

“Sudah jika diobati pawang ular, tapi enggak ada perubahan. Untungnya kami mendapat bantuan dari komunitas reptil jadi anak saya bisa dirawat dalam RS Cibabat. Sekarang kondisinya mulai membaik, ” ucapnya.

Plt Direktur Utama RSUD Cibabat, Reri Marliah, mengungkapkan, NN datang ke rumah sakit pada Sabtu (29/11). Dia langsung ditangani dokter spesialis bedah dan sudah diberi terapi antibiotik dan antibisa.

“Sebetulnya dia agak telat dibawa ke rumah sakit, akan tetapi sekarang sudah ditangani dokter spesialsis, ” terang Reri. Sampai masa ini, pasien balita tersebut sedang dalam tahapan observasi.

Kondisinya pun berangsur membaik. Reri berharap kondisinya tetap stabil serta tidak sampai mengalami hal terburuk seperti harus dilakukan tindakan proses amputasi.

“Waktu dibawa ke sini tangannya bengkak, ramal kebiru-biruan. Mudah-mudahan tidak ada hasil lain dan anaknya bisa lekas sembuh, ” tambahnya. (OL-14)

Related Post