Pandemi, Pegadaian Catatkan Pertumbuhan Bisnis 15, 91 Persen

Pandemi, Pegadaian Catatkan Pertumbuhan Bisnis 15, 91 Persen

ZAMAN banyak perusahaan diterpa badai karena pandemi Covid-19, masih ada bisnis yang mencatatkan pertumbuhannya. Salah satunya adalah Perseroan Terpatok Pegadaian dengan pertumbuhan bisnis tanggungan sebesar 15, 91 persen di periode Januari—April 2020.

“Pertumbuhan gadai sebesar 15, 91 persen. Jumlah kenaikan Januari—April, ” ujar Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero) R. Swasono Amoeng Widodo dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (14/5).

Di dalam periode itu, dia menyebutkan pembagian pembiayaan dari produk gadai tercatat sebesar Rp39 triliun, atau terangkat dibandingkan periode sama tahun awut-awutan sebesar Rp34 triliun.

Ia mengatakan bahwa emas sedang menjadi produk gadai yang mengatasi dengan komposisi 90 persen dari total outstanding. “Di Pegadaian 90 persen adalah emas. Namun, tak selalu emas di Pegadaian, tersedia juga berlian. Pembagian jenis bahan Pegadaian, yakni perhiasan, tekstil, elektronik, alat rumah tangga (blender, setrika), kendaraan bermotor roda dua serta empat, kendaraan niaga, hingga kain songket, ” katanya memaparkan.

Saat ini, Amoeng mengutarakan bahwa gadai mobil meningkat paling tinggi, yakni sebesar 30 persen. “Kalau akhir Januari nilai outstanding Rp240 miliar, pada bulan April jadi Rp311 miliar, selama 3 bulan naik 30 persen, ” ucapnya. (OL-12)

Related Post