Panglima TNI dan Kapolri Rapat Penanganan Covid-19 di Jatim

PANGLIIMA TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, memimpin rapat bersama Rangkai tugas daerah terkait covid-19 pada Ruang rapat Perwira Lanudal Juanda Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/06).

Hadi dan Idham memantau perkembangan terkini penyebaran covid-19 di Jawa Timur yang dijabarkan oleh Gubernur Jawa Timur Pokok Khofifah Indar.

Baca juga: Gubernur Jawa Timur Minta Semua Gotong Royong Atasi Covid-19

Pasalnya, PSBB Surabaya Raya yang sudah berakhir, tanggal 18 Juni 2020, Jatim mencatatkan angka penambahan urusan positif tertinggi di Indonesia.

Fakta tersebut harus dijadikan dasar dan pertimbangan oleh Forkopimda Jatim untuk mengawal proses pertukaran ini.

Maka, TNI bersama Polri mendapat tugas lantaran Presiden R Joko Widodo buat membantu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan di fasilitas-fasilitas jemaah selama masa transisi.

“Marilah semua pihak untuk berfungsi sama mengajak masyarakat selalu melaksanakan disiplin protokol kesehatan, Harus diingat bahwa kedisiplinan masyarakat menjalankan aturan kesehatan menjadi kunci keberhasilan mengarahkan pandemi, ” tutur Idham.

Sementara, Hadi menyampaikan kalau Jawa Timur khususnya Surabaya kudu serius dalam menangani tantangan pandemi Covid-1.

“Jangan datang karna PSBB telah berakhir, bangsa berfikir bahwa Covid-19 telah sempurna. Ini yang harus selalu diingatkan kepada masyarakat agar selalu mengarahkan disiplin protokol kesehatan dalam kala transisi menuju normal baru, ” tegasnya.

Lebih sendat, Hadi menyampaikan, bahwa para tipu masyarakat adalah panutan dan menjelma rujukan dari masyarakat luas. Oleh karena itu, Panglima TNI itu meminta agar para tokoh pula memberi pemahaman kepada masyarakat luas soal pentingnya memakai masker, terbuka jarak dan cuci tangan secara sabun. (OL-6)

Related Post