Pastikan Jaga Jarak, KAI Tambah Fasilitas Pendukung di Stasiun

PETUGAS KAI Commuter di stasiun & KRL terus memaksimalkan upaya penegakan protokol kesehatan terutama menjaga jarak aman diantara pengguna KRL. Selain sistem penyekatan pengguna pada jam-jam sibuk, fasilitas layanan penunjang di stasiun juga ditambah.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan sebagaimana resmi di stasiun-stasiun lainnya pada masa pandemi covid-19, KAI Commuter membatasi jumlah pemakai yang dapat naik di dalam satu kereta.

“Pembatasan ini mengikuti preskripsi dari pemerintah yaitu 74 orang tiap kereta. Buat menjaga agar jumlah pengguna tidak melewati batasan itu, stasiun yang berpotensi ramai dilakukan penyekatan pengguna terutama pada jam-jam sibuk cepat hari, ” kata Anne dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/3).

Jawab memaksimalkan upaya ini, sebagai contoh mulai Sabtu (27/3) berantakan telah berdiri canopy di area luar Hall Stasiun Tambun. Canopy seluas 250 m2 ini melindungi pengguna yang mengantre dari iklim panas maupun hujan. Selain dibangun di Stasiun Gemuk, KAI Commuter sepanjang tahun ini juga membangun canopy serupa di Stasiun Bojonggede (304, 7 m2 pada sisi utara dan 137, 5 m2 di sisi selatan), Citayam (42, 27 m2), Depok (197, 78 m2 di area parkir dan 20, 42 m2 di selasar), Depok Baru (168 m2), Duren Kalibata (168. 43 m2), dan Rangkasbitung (127, 8 m2 di dua area).

“Pada awal pekan Senin (29/3) hingga pukul 09. 00 WIB tercatat pengguna KRL di seluruh stasiun sebanyak 144. 730 orang atau bertambah sekitar 9% dibanding Senin (22/3) pekan lalu di masa yang sama yaitu menyentuh 132. 510 orang, ” tutur Anne.

Baca juga: Pemakai Commuter Line Mengular dalam Stasiun Lenteng Agung

Di Tumpuan Bogor, petugas melakukan penyekatan antrean mulai pukul 06. 00 WIB hingga memukul 08. 00 WIB. Para-para pengguna dengan tertib mengikuti arahan petugas di lapangan. Seperti pagi ini, mematok pukul 09. 00 WIB di Stasiun Bogor tercatat pengguna ada 8. 552 orang atau bertambah 2% dibanding waktu yang cocok pekan lalu.

Stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna antara asing Stasiun Bekasi (7. 334 pengguna, naik 10% dibanding pekan lalu di masa yang sama), Stasiun Depok (5. 805 pengguna, terangkat 2%). Sementara itu tumpuan yang mencatat penurunan total pengguna antara lain Tumpuan Citayam (10. 714 pengguna, turun 4%) dan Stasiun Tangerang (4. 883 pengguna, turun 4%).

Agar terhindar dari antrean, pengguna dapat memanfaatkan praktik KRL Access yang menyimpan fitur info kepadatan stasiun, posisi terkini KRL, rencana KRL serta informasi terkini dari media sosial KAI Commuter. Para pengguna bisa mengakses aplikasi ini untuk merencanakan perjalanannya sebelum menuju ke stasiun.

Selain menjaga jarak, KAI Commuter juga mengajak para pengguna untuk menerapkan adat kesehatan lainnya yaitu mencantumkan masker dan mencuci lengah sebelum maupun sesudah naik KRL. Ikuti informasi terkini mengenai layanan KAI Commuter melalui akun media sosial resmi di @commuterline. (OL-5)

Related Post