Pelukis Sasya Tranggono Pameran pada Hotel Hilton Singapura

pelukis-sasya-tranggono-pameran-di-hotel-hilton-singapura-1

Pelukis Seni Kultural Sasya Tranggono Sabtu (13/3) memulai pameran lukisan tunggal di Hotel Hilton Singapura. Ada delapan lukisan yang ditampilkan dalam pemeran yang akan berlangsung tiga pasar.

Pembukaan pertunjukan dihadiri Duta Besar Nusantara untuk Singapura, Suryo Pratomo. Managing Director Yang Gallery, Susanna Yang menyediakan wadah khusus kepada Sasya Tranggono untuk memamerkan karyanya.

Sasya yang sudah 30 tahun berkarya, semenjak 2002 secara rutin melakukan pameran di luar daerah. Ia pernah melakukan pertunjukan di Rotterdam, St Petersburg, Lisbon, Sofia, Manila, Kuala Lumpur, dan Singapura. Tetapi pandemi Covid-19 membuat banyak kegiatannya tertunda termasuk program melakukan pameran di Galeri Nasional Singapura.

“Saya bersyukur diberi jalan oleh Yang Gallery untuk bisa berperan di galeri mereka di Hotel Hilton. Namun karena tidak mudah untuk membawa karya saya ke sini, kali itu saya hanya bisa memamerkan delapan karya saya, ” ujar Sasya gembira sebab akhirnya bisa
berpameran lagi.

Menurut Sasya, ada tiga tanda ia membuat lukisan wayang. Pertama, wayang sangat istimewa Indonesia. Kedua, sebagai orang keturunan Jawa, ia mau melestarikan budaya leluhurnya. “Dan ketiga, seorang artis aku bisa menjadi “dalang” dalam membuat lukisan saya, ” ujar Sasya.

Karya yang dibuat dayang dari dokter kulit terkemuka di Indonesia ini sangat kuat mengekspresikan budaya Nusantara. Bukan hanya wayang yang ditampilkan, tetapi juga pola batik yang melengkapi lukisan Sasya. Pilihan warna yang cerah membuat karyanya mengakui untuk dinikmati.

Menurut Sasya, lukisan yang ia buat bercerita tentang cinta, keluarga, dan keyakinan. Ia tidak memungkiri kalau sebagai lukisan yang dibuatnya merupakan bagian dari penjelajahan hidupnya. Termasuk menggambarkan putra tunggalnya, Nicholas yang telah beranjak
dewasa. (RO/OL-12)

Related Post