Pemimpin Harapkan Bendungan Tukul Beri Laba Masyarakat

presiden-harapkan-bendungan-tukul-beri-manfaat-masyarakat-1

PRESIDEN Joko Widodo mengungkapkan bendungan merupakan salah satu infrastruktur yang memiliki peran sangat vital dalam kehidupan masyarakat.

Selain memiliki fungsi sebagai pengendali banjir, bangunan yang serupa disebut dam itu juga memiliki kemampuan sebagai sumber irigasi, logistik air baku sampai objek pariwisata

Oleh karena tersebut, Jokowi menekankan bahwa pembangunan tanggul secara masif yang telah dimulai enam tahun lalu harus tetap dilanjutkan hingga selesai.

Adapun, satu bendungan yang gres saja rampung dan diresmikan besar negara adalah Bendungan Tukul dalam Pacitan, Jawa Timur.

Infrastruktur tersebut akan memperkuat ketahanan pangan sekaligus ketahanan air pada kawasan dan sekitarnya.

Baca juga: Subardi: Tidak Tersedia yang Salah dengan Kritik

“Pemerintah provinsi dan kabupaten harus benar-benar memanfaatkan bendungan tersebut sebaik-baiknya sehingga memberikan nilai tambah bagi daerah dan memberikan makna bagi masyarakat, ” ujar Jokowi saat meresmikan Bendungan Tukul dalam Pacitan, Jawa Timur, Minggu (14/2)

Bendungan yang melenyapkan anggaran sebesar Rp916 miliar itu memiliki kapasitas tampung 8, 7 juta meter kubik dan sanggup mengairi hingga 600 hektare sawah.

Dengan kemampuan itu, diharapkan indeks pertanaman di Pacitan dan sekitarnya bisa meningkat sejak satu kali tanam menjadi dua kali tanam per tahun.

Setelah Bendungan Tukul, Jokowi akan meresmikan tiga bendungan lainnya dalam waktu dekat.

Yang pertama adalah Bendungan Napun Gete di NTT pada minggu depan. Disusul Bendungan Tapin dalam Kalimantan Selatan dan Sindang Heula di Banten. (OL-2)

Related Post