Penggunaan Internet Naik Signifikan Saat Pandemi Covid-19

Penggunaan Internet Naik Signifikan Saat Pandemi Covid-19

PENGGUNAAN internet di Jawa Barat meningkat signifikan semasa pandemi Covid-19. Arahan dari negeri agar masyarakat tetap berada di rumah menjadi faktor utama meningkatnya aktivitas di dunia maya itu.

Executive Vice President Telkom Regional III Jawa Barat M Khamdan mengatakan kebutuhan bakal internet terus bertambah seiring seluruh kegiatan masyarakat yang difokuskan dibanding rumah pada masa pandemi tersebut. “Sekarang hampir semuanya online dibanding rumah, ” katanya di Bandung, Jumat (15/5).

Sebagai contoh, saat penyebaran Covid-19 sudah berangkat dibicarakan, penggunaan internet melalui buatan Indihome di Jawa Barat dibanding Januari dan Februari ke Maret meningkat 20%. Peningkatan ini semakin terasa pada pertengahan Maret menuju April ketika adanya kebijakan kegiatan dan sekolah dari rumah jadi kenaikannya mencapai 30%. “Orang lebih banyak di rumah, jadi ada kenaikan trafic (internet), ” katanya.

Dia memastikan pengembangan penggunaan internet ini sudah diantisipasi Telkom dengan meningkatkan layanan pertama menyangkut kecepatan akses yang tetap hingga 50 mbps dan inovasi program demi memuaskan pelanggan di Jawa Barat yang saat itu berjumlah satu juta.

Pada saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang masif dalam hampir seluruh wilayah di Nusantara khususnya Jawa Barat, akses sambungan internet yang cepat dan stabil diperlukan untuk menunjang aktivitas beroperasi dan belajar dari rumah. Tidak hanya itu, perusahaan pelat abang ini pun meluncurkan tayangan visual program belajar dari rumah buat mendukung kegiatan belajar siswa semasa pandemi Covid-19 ini.

“Pelanggan dapat mengerjakan tugas harian hingga persiapan ulangan tanpa perlu bepergian ke manapun. Semua kejadian tersebut dapat dilakukan di sendi, sehingga aktivitas belajar jadi lebih menyenangkan dan efisien, ” ujarnya.

Selain itu, semenjak awal April kemarin pihaknya mengesahkan terus mengampanyekan tetap diam di rumah namun tetap produktif, kaya, dan inovatif meski dari panti. Kampanye #PahlawanDariRumah bertujuan untuk menimbulkan semangat keluarga Indonesia untuk bersuara optimis dalam memerangi virus korona, ” katanya. (R-1)

Related Post