Pergantian Covid-19 belum Ditemukan di Indonesia

mutasi-covid-19-belum-ditemukan-di-indonesia-1

HASIL kajian di bermacam-macam laboratorium hingga Kamis (28/1) menyatakan belum ditemukannya mutasi covid-19 dalam Indonesia.

“Para virologi dari berbagai laboratorium yang ada di Indonesia belum melaporkan adanya mutasi virus yang baru, ” kata Ketua Umum Perhimpunan Ulung Epidemiologi Indonesia (PAEI) Hariadi Wibisono dalam keterangan tertulis, Kamis (4/2).

Hariadi menyebut para virologi di seluruh dunia tercatat Indonesia rutin memantau mutasi virus. Varian virus covid-19 di Nusantara masih tipe D614G yang bersumber dari Wuhan, Tiongkok.

Baca juga: Ancaman Pergantian Virus, ILUNI UI Dukung Pembatasan WNA Masuk

Menurut Hariadi, mutasi virus covid-19 tidak ada hubungannya dengan vaksinasi. Pasalnya, jenis vaksin di Indonesia berasal dari virus yang dimatikan.

“Artinya jenis vaksin yang saat ini maupun dengan nanti dipergunakan kepada masyarakat, tentu akan memberikan manfaat imunitas untuk tubuh, terlepas virusnya lama ataupun baru, ” papar dia.

Hariadi menegaskan vaksinasi tidak menggantikan efektivitas protokol kesehatan. Jadi memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun kudu tetap dilakukan meski telah divaksin.

“Protokol kesehatan cuma bisa sukses kalau seluruh anggota masyarakat sadar dan berpartisipasi rajin, ” tutur Hariadi. (OL-5)

Related Post