Polri Tangkap Pembobol Data Pribadi Denny Siregar

Polri Tangkap Pembobol Data Pribadi Denny Siregar

DIREKTORAT Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap seorang tersangka berinisial FPH yang diduga telah melakukan kasus illegal access terhadap data pelanggan operator Telkomsel.

Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol, menuturkan bahwa pelaku merupakan karyawan outsourcing GraPARI di Rungkut, Surabaya, yang sejatinya tidak memiliki akses terhadap data tersebut.

Tersangka pun ditangkap di Surabaya pada Kamis (9/7). “Direktorat aksi pidana siber telah mengamankan seorang pelaku akses illegal tanggal tumbuh 16 Februari 1993 jenis kemaluan laki-laki pekerjaan karyawan, ” papar Reinhard.

Reinhard menjelaskan, penangkapan dilakukan di ruko GraPARI Rungkut Jalan Insinyur Soekarno Ruko nomor 2 B Rungkut Surabaya.

Baca pula: Terkait Kasus Denny Siregar, Bagaimana Memproteksi Data Awak?

Penangkapan ini bersangkutan dengan tersebarnya data pribadi penggiat media sosial, Denny Siregar ke jagat media sosial twitter melalaikan akun @Opposite6891.

Adapun kronologinya, tersangka yang bekerja sebagai customer service meng-capture kumpulan data-data tersebut guna dikirimkan ke akun twitter @Opposite6891 melalui pesan karakter (direct message).

Pengambilan gambar tersebut diyakini oleh penyidik dilakukan karena data-data dalam sistem operator tersebut tidak dapat dalam copy-paste.

“Jadi tersebut bukan hasil capture yang asli tapi diketik kembali oleh pemilik Twitter dan disebarkan, Nah itulah yang menjadi evidence buat kami, ” ujarnya. (OL-4)

Related Post