PSSI Puas dengan Penampilan Shin Tae-yong

KETUA PSSI Mochamad Iriawan menilai positif performa Shin Tae-yong selama pria Korea Selatan itu melatih timnas Indonesia. Menurut Iriawan di Stadion Intermediate Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu, Shin telah meningkatkan performa timnas Indonesia, termasuk kelompok usia U-19 dan U-23.

“PSSI melalui tim anggota Exco seperti Pak Enri Erawan dan Pak Haruna Sumitro serta Pak Sekjen Yunus Nusi dan Direktur Teknik Indra Sjafri, telah melakukan evaluasi usai pertandingan Timnas U-23 melawan Australia (Piala Asia). Kualifikasi U-23 2022) dan hasilnya kemarin bagus,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Ia menilai, selama Shin ditangani, timnas Indonesia tampil bagus saat melawan Australia. Meski kalah, penampilan skuat Garuda Muda dinilai bagus. Hal ini terlihat dari hasil akhir pertandingan dua leg yang hanya berselisih satu poin, yakni 2-3 dan 0-1.

“Jarang kami kalah tipis melawan Australia, biasanya dengan skor besar, misalnya 5-0, dan itu menjadi pertimbangan bagi kami,” kata Iriawan.

Kemudian, Shin dinilai telah menyelesaikan tugasnya dengan baik setelah mengantarkan timnas senior Indonesia ke Kualifikasi Piala Asia 2023, setelah menumbangkan perlawanan Taiwan dalam pertandingan dua leg, dengan kedudukan masing-masing 2-1 dan 3-0. Hasil ini juga membuat posisi timnas putra Indonesia di FIFA meningkat 10 peringkat, dari 175 menjadi 165 pada akhir Oktober 2021.

“Sebelum melawan Taiwan, Shin mengatakan kepada kami bahwa dia siap diberi sanksi jika tidak mencapai hasil maksimal. Namun, pada akhirnya, kami menang dan peringkat kami di FIFA naik,” kata Iriawan.

Kini, PSSI mengincar Shin Tae-yong untuk membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2020. “Kami berharap Timnas bisa mencapai target tersebut,” kata Iriawan.

Piala AFF 2020 akan berlangsung mulai Desember 2020. Dalam kompetisi itu, Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Skuad “Garuda” akan melakoni laga perdana pada 9 Desember 2021 melawan Kamboja.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian, dan Malaysia pada Minggu, 19 Desember 2021. Seluruh pertandingan timnas Indonesia akan digelar di Bishan Stadium, Singapura. Piala AFF 2020 digelar secara terpusat karena pandemi COVID-19. (OL-8)

Related Post