Rumpun Minta Autopsi Ulang ke Komnas HAM, Polri Siap Fasilitasi

Rumpun Minta Autopsi Ulang ke Komnas HAM, Polri Siap Fasilitasi

BARESKRIM Polri menyerahkan sepenuhnya pada Komisi Nasional Hak Asasi Pribadi (Komnas HAM) ihwal permintaan bagian keluarga korban bentrokan FPI dan polisi untuk melakukan autopsi kembali. Pasalnya, permintaan itu ditujukan pada Komnas HAM.

“Prinsipnya terkait dengan hal-hal yang diperlukan oleh Komnas HAM tentunya saya selalu siap untuk memberikan, ” ucap Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Senin, (21/12).

Tetapi, Listyo belum menerima permintaan dari Komnas HAM terkait permintaan autopsi ulang. Listyo jiga memaparkan kalau hasil autopsi sebelumnya sudah disampaikan secara transparan oleh penyidik.

“Data-data terkait masalah autopsi sudah kita paparkan tentunya belakang akan menjadi penilaian dari Komnas HAM apakah perlu ada autopsi ulang atau tidak, ” ungkapnya.

Listyo menyebut nantinya Komnas HAM yang akan memutuskan apakah diperlukan untuk mengautopsi kembali. Jika diperlukan, Polri akan memfasilitasinya.

“Tentunya nanti Komnas HAM yang akan menilai namun prinsipnya data yang kita punya bila diperlukan akan kita berikan kepada Komnas HAM, ” pungkasnya.

baca selalu: Pemasok Senjata ke FPI Diburu

Sebelumnya Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera sebut bagian keluarga memperbolehkan jika Komnas HAM melakukan autopsi ulang terhadap jenazah enam laskar FPI yang oleh sebab itu korban penembakan di Jalan Pungutan Jakarta-Cikampek. Mardani mengemukakan bahwa Komnas HAM membuka rencana untuk mengabulkan autopsi ulang terhadap enam tentara FPI yang meninggal terkena tembakan. (OL-3)

Related Post