Selalu Teringat Pesan sang Ibu

“KAMU akan kembali ke Ksini, jangan khawatir. ” Pesan itu selalu teringat di benak pesepak bola asal Prancis Paul Pogba setelah dirinya hengkang dari Manchester United 2012 lalu.

Lulusan akademi Manchester United tersebut pindah ke Juventus dengan kehormatan bebas transfer. Saat itu tempat memutuskan pergi setelah tertutup peluang di tim utama ‘Setan Merah’ akibat kalah saing dengan pemain lain.

Empat tahun kemudian, Pogba pulang ke Old Trafford. Pogba mengaku bahagia bisa kembali ke tim yang membesarkannya. Berlabel bebas transfer tidak menghasilkan pemain berdarah Ghana itu mati di Liga Italia. Bersama Bianconeri, Pogba menjadi pilihan utama dan merangkai trofi scudetto 4 kali, dua Coppa Italia, serta 1 Piala Super Italia.

Benar adanya, seperti diungkapkan sang ibu, Pogba kembali berkostum the Red Devils di penghujung musim 2016/2017 secara sandangan sebagai pemain termahal negeri 105 juta euro. Punggawa tim nasional Prancis yang memenangi Piala Dunia 2018 Rusia itu merasakan dua penghargaan –Piala Liga Inggris dan ajang kasta kedua Eropa, Liga Europa–bersama ‘Setan Merah’.

“Saya siap kembali (setelah cedera). Saya telah mulai membaik, saya tidak merasakan sakit dan berharap bisa kembali secepatnya, ” kata Pogba semacam dilaporkan AFP, kemarin.

Pogba memang harus melewatkan banyak laga pada musim ini. Pemeran berusia 27 tahun itu pertama bermain delapan kali bersama Manchester United. Pogba kerap bolak-balik mengakar ruang perawatan karena cedera pergelangan bersantai. Kondisi itu membuat dia kudu menepi cukup lama dari lapangan sejak Desember 2019.

Laga terakhirnya saat membela Manchester United menang atas Newcastle United pada laga Boxing Day, ataupun sehari selepas Natal tahun semrawut.

“Istirahat panjang membuat saya frustrasi. Sekarang saya hampir sembuh dan ingin segera kembali berlatih bersama tim, ” sirih Pogba.

Namun, keinginan itu belum bisa terpenuhi kausa kondisi wabah covid-19 membuat persaingan terhenti. Sering absennya Pogba memproduksi dia kembali dikabarkan akan dilepas Manchester United.

Namanya dikabarkan menempati posisi teratas daftar pemain yang akan dijual ‘Setan Merah’ di bursa transfer musim panas nanti. Agen Pogba, Mino Raiola, sebelumnya mengatakan tidak tertutup kemungkinan Pogba meninggalkan Old Trafford akhir musim n anti. Raiola mengiakan telah menjalani komunikasi dengan beberapa asosiasi yang berminat meminang Pogba.

Mantan timnya, Juventus, disebut tertarik memulangkan Pogba. Selain tersebut, ada Real Madrid yang selalu ikut mengincar jasa Pogba musim depan. Memboyong Pogba membutuhkan sedekah yang tidak sedikit sehingga hanya klub-klub papan atas Eropa dengan memiliki modal itu. Namun, Raiola, sang agen yang sering bertopang dengan manajemen ‘Setan Merah’, mampu menjadi pemicu hengkangnya Pogba. (Skysports/AFP/Akmal Fauzi/R-2)

Related Post