Yurianto: Mikro Droplet Penyebab Utama Penularan Covid-19

Yurianto: Mikro Droplet Penyebab Utama Penularan Covid-19

JURU Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan ketidakdisiplinan dalam menjalankan masker menyebabkan penambahan kasus COVID-19.

“Penambahan kasus dalam luar klaster (Secapa AD Bandung) ini disebabkan karena kurang disiplinnya menggunakan masker, ” kata Yurianto dalam konferensi video yang diadakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, keadaan ini.

Yurianto mengutarakan penularan penyakit COVID-19 terjadi mencuaikan droplet orang yang sakit. Menurut nya, droplet tersebut berukuran kecil yaitu mikro yang disebut dengan micro droplet yang memiliki waktu lulus lama untuk bisa hilang dibanding lingkungan.

Pada provinsi yang tertutup dengan ventilasi yang tidak terlalu baik, droplet berukuran mikro (micro droplet) akan melayang-layang dalam waktu yang relatif periode.

Oleh karena tersebut, Yurianto mengatakan masyarakat harus langgeng menggunakan masker, menjaga jarak tenang, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Untuk yang bekerja dalam ruang yang tetap seperti ruang kerja di kantor, pastikan kalau sirkulasi udara atau ventilasi ruang kerja setiap hari berganti udaranya. “Sebisa mungkin akses untuk memperoleh udara segar dari luar mampu dilakukan, ” katanya.

Menurut Yurianto, setiap pagi hari, semua jendela mobil dan jendela ruangan dibuka agar udara yang ada di dalam ruangan tergantikan dengan udara baru yang berasal dari luar. Setelah itu, jendela ditutup kembali.

“Agar tidak kita berada di satu lingkungan udara yang tak pernah tergantikan, terjebak dalam suatu ruang terbatas dengan AC yang tersirkulasi di dalamnya, ” perkataan Yurianto.

Yurianto mengutarakan mematuhi protokol kesehatan adalah jalan satu-satunya jika ingin terbebas sebab kemungkinan penularan COVID-19. “Kita kudu melakukan ini (protokol kesehatan) bersama-sama konsisten dan disiplin, ” tuturnya. (OL-4)

Related Post